Coretan Perjalanan – Putuk Lesung

Putuk Lesung, aku melakukan ekspedisi ke sini sekitar 3 tahun yang lalu, bersama keluargaku Et-Voema. Et-Voema adalah sebuah organisasi Pecinta Alam di SMK-ku dulu dengan segudang ilmu & kentalnya rasa persaudaraan yang aku peroleh dari organisasi ini. Thanks bro..

25082013063

Putuk Lesung, adalah nama dari sebuah bukit di lereng Arjuno yang kemegahannya membuat kita takjub dan terpesona, karna kamu yang baca cerita pun ini wajib mencatat tempat ini menjadi agenda perjalanan kalian selanjutnya.

Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl dan berlokasi di Desa Purwosari – Malang, terus kenapa namanya Putuk Lesung? Putuk dapat diartikan dengan bukit dan Lesung adalah nama dari alat penumbuk padi, karena di bukit ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti lesung.

p7220324

Area ini adalah tempatnya orang-orang melakukan ziarah karena jika kamu beruntung kamu akan mendapati orang bertapa, tempat ini sejatinya masih dipercaya dengan mistisnya karena pada saat aku melakukan perjalanan ke puncak ada sebuah gua kecil dekat monumen naga yang dipagari dengan banyak sekali dupa dan sesajen kala itu, namanya pendakian rasa nano-nano itu pasti ada, kita sebagai pendaki ndak usah aneh-aneh pasti segalanya dimudahkan. Jalur ini juga sebagai jalur pendakian Gunung Arjuna via Purwosari kawan.

Pada saat sobat sampai di bukit ini sobat akan menjumpai sebuah shelter selayaknya rumah dengan dipan/alas tidur kayu didalamnya, juga ada semacam pos lumayan besar untuk kita bakar-bakar guna menghangatkan tubuh karena suhu disana sungguh waw sekali kawan-kawan.

25082013103.jpg

nah, itu penampakannya. Kiri dari gambar ada sebuah shelter/rumah kayu yang sudah saya jelaskan tadi, sedangkan bagian kanan ada sebuah pos, namun kelompok kami lebih memilih membangun tenda untuk bermalam, ada juga yang memilih tidur hanya dengan sleeping bag beralaskan matras karna keterbatasan tempat. Oh iya sobat, ilalang disini waktu itu lebat sekali jadi ya harus terpaksa di pangkas untuk membangun tenda, entah kalau sekarang.

25082013095.jpg

Tempat ini saya rekomendasikan banget bagi sobat yang bingung mau kemana saat akhir pekan tiba, karena selain jarak tempuh yang relatif singkat, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan indah 360 derajat mata memandang. Disisi depan terlihat pemandangan kota dari atas, saat malam sungguh mempesona kawan, disisi belakang tampak gagahnya puncak Arjuno dan di kiri kanannya terdapat bukit-bukit yang bergandengan, bukit aja gandengan, kitanya kapan? #baper

Waktu itu kita memarkir kendaraan di sebuah rumah kosong yang digunakan salah satu kepala keluarga disana sebagai lahan parkir, dekat dengan musholla di kiri jalannya. Perjalanan dari basecamp ke puncak bukit memakan waktu berkisar 3-4 jam. Dari basecamp ke pos 1 dapat ditempuh 1.5 jam dengan jalan yang masih bisa disebut landai, Pos ini diberi nama Goa Antabego, goa yang sudah saya jelaskan tadi. Selanjutnya menempuh perjalanan ke pos 2 yang bernama Pos Tampuwuno, di pos ini terdapat warung kiri jalan yang menjual  berbagai macam makanan dan perbekalan ritual, juga terdapat sebuah toilet, sayangnya saya lupa mengambil gambar di tempat ini. Dari pos 2 apabila akan ke putuk lesung kita mengambil arah ke kanan, dan lurus jika sobat melakukan pendakian ke Arjuno. Setelah setengah jam perjalanan, sobat akan tiba di puncak bukit Putuk Lesung, yeaahhh.

25082013031.jpg

25082013065.jpg

25082013093.jpg

Selamat melakukan pendakian kawan, ingatlah selalu bahwa pendakian adalah cara kita mencapai kebersamaan dan kekompakan, buang semua ego kita, puncak tidak ada apa-apanya tanpa seorang kawan yang mendampingimu, karna setiap puncak yang kita daki selalu mengajarkan sesuatu dan kebahagiaan akan menjadi nyata ketika kita berbagi.

Bukan gunung yang harus kita taklukan, melainkan diri kita sendiri.

– Edmund Hillary

Juga jangan lupa bawa sampahmu turun, karna gunung bukan tempat sampah.

Salam Et-Voema “Jarang Pulang!!“.

Advertisements

3 thoughts on “Coretan Perjalanan – Putuk Lesung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s