Informatics Engineering

umm-informatika1

Holaaa, kali ini saya akan menjelaskan sebuah misteri , eh maksud saya jurusan yang sedang saya jalani di kampus UMM tercinta ini. Saya kuliah di Fakultas Teknik dengan Jurusan Informatika. Informatika mempunya segudang ilmu yang entah sampai kapan aku bisa perdalam/ku pelajari karena informatika mempunyai ilmu bidang yang sangat luas. Tentunya tak semua bidang bisa saya perdalam, ya karena itu tadi, bidang ilmunya sangat luas.

Teknik informatika merupakan salah satu jurusan kuliah yang saat ini banyak sekali diminati oleh para calon mahasiswa. Banyak sekali yang akan dipelajari pada jurusan teknik informatika ini, sehingga teknik informatika merupakan salah satu jurusan kuliah yang tergolong berat dan dapat menyebabkan munculnya tekanan – tekanan akibat banyaknya tugas kalkulus yang harus diselesaikan. Namun demikian, tetap saja banyak orang yang ingin mendalami teknik informatika dengan cara masuk ke dalam jursan teknik informatika sebagai bidang studi yang ingin di dalami.

Karena saya lulusan SMK jurusan RPL jadi saya sudah tau alur yang dipelajari dalam jurusan ini, karena jurusan ini mempunyai banyak sekali bidang ilmu, tak mungkin saya memperdalam semua bidang tersebut, kecuali jika saya berumur seperti kura-kura, ok itu tidak mungkin.

Jadi saya akan menjelaskan, apa sih informatika itu, bagi yang penasaran jangan kabur dulu yaaa,..

Dalam dunia IT, mempunyai jenis-jenis profesi beserta job descnya, antara lain:

  1. Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang system operasi,database maupun system aplikasi. Dalam kelompok ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti : Sistem analis, Programer, Web designer, Web programmer.
  2. Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware). Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti : Technical engineer, Networking engineer.
  3. Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti : EDP Operator, System Administrator.

Nah sobat, jadi dalam dunia kerja, kita hanya perlu memperdalam satu bidang saja, namun lainnya juga harus dipelajari meskipun hanya kulitnya saja, so kamu yang berjurusan informatika, tetapkan konsepmu dari sekarang, kamu kearah bidang yang mana, dan perdalam ilmunya agar bisa disebut spesialist dalam bidang tersebut.

Lalu. Apa saja keuntungan dari jurusan Teknik Informatika?

  1. Peka Akan Perkembangan Teknologi
  2. Memahami Pemrosesan Informasi pada Komputer
  3. Menciptakan dan Mengembangkan Software
  4. Menciptakan Hardware
  5. Banyaknya Lapangan Pekerjaan bagi Lulusan Teknik Informatika 
  6. Dapat Mendevelop Sebuah Sistem
  7. Memperbaiki Perangkat Milik Pribadi
  8. Menjadi Jasa Konsultan IT

Itulah beberapa keuntungan kuliah jurusan teknik informatika. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk masuk ke dalam jurusan teknik informatika? apabila iya, silahkan mendaftar ke kampus kepercayaan anda. Demikian artikel mengenai keuntungan kuliah di jurusan teknik informatika, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan kita semua. Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s